Membagi Informasi mengenai Aneka Gadget, Tips, dan Trik Kerennya

Wednesday, December 21, 2016

Trik Jitu!! Cara Memperbaiki HP Yang Bootloop

Cara Memperbaiki HP Yang Bootloop - Saat ini banyak sekali smartphone yang dihadirkan untuk membantu teman-teman semua dalah beraktivitas. Karna saat ini banyak smartphone yang telah di bekali dengan fitur-fitur canggih. Meskipun demikian hal-hal yang tidak diingin pasti juga dapat terjadi pada smartphone entah itu kerusakan kecil ataupun besar. Dan salah satu permasalahn yang sering terjadi pada pengguna smartphone adalag gagal booting atau biasa disebut bootloop. Secara umum bootloop ini disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem android sehingga perangkat android gagal melakukan start-up. Alhasil hp android tidak bisa masuk ke menu home.



Bootloop atau gagal booting pada hp android sebenarnya salah satu permasalahan yang memang kerap terjadi, biasanya masalah tersebut bisa terjadi karena hp gagal dalam melakukan upgrade sistem, kemudian ada pula yang disebabkan karena salah dalam menggunakan firmware android dan bahkan bootloop bisa terjadi saat kita melakukan root namun gagal, sehingga saat di restart atau dinyalakan hanya mampu menampilkan logo atau merek ponsel-nya saja. Hal tersebut akan terus menerus berulang meskipun kita telah merestart berkali-kali. Oleh sebab itu ada banyak pengguna yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasinya.

Tetapi kebanyakan orang panik dan segera membawa smartphone mereka ke servicer. Padahal jika kita mau belajar, kerusakan kecil pada smartphone dapat kita atasi sendiri tanpa harus kehilangan uang untuk membayar jasa. Nah untuk kalian yang memiliki HP bootloop saat ini klain bisa mengatasinya sendiri karna pada kesempatan ini Gadget Impianku akan berbagi informasi tentang cara memperbaiki hp yang bootloop, Nah sekarang langsung saja simak ulasannya dibawah ini ya..

Baca Juga :

Cara Memperbaiki HP Yang Bootloop


1. Android Light Bootloop

Android Light Bootloop adalah kategori bootloop ringan. Adapun hal tersebut dapat terjadi saat kamu menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video tiba-tiba saja terjadi restart atau otomatis ke re-boot. Dan setelah menyala kembali ternyata hp hanya menampilkan logo ponsel saja. 

Nah hal tersebut dapat diatasi dengan memperbaikinya dengan cara melepas baterai ponsel android dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali ponsel, dan biasanya dengan cara tersebut ponsel android sudah bisa booting secara normal.


2. Android Medium Bootloop

Masalah bootloop android yang satu ini biasa terjadi akibat dari aktivitas pengguna yang sering mengotak-atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery. karena seperti yang kita tahu bahwa system recovery merupakan otak dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel. Jadi memang keadaan sistem tersebut sangat dilindungi sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop. Sebenarnya kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah karena kita bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang.

Cara mengatasi bootloop tipe medium ini kita memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai media untuk mem-backup data recovery imgae dan file recovery CWM atau aslinya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut. Tapi jika kamu belum pernah mem-backup data ROM-nya, maka kamu bisa mencari data recovery khusus untuk tipe ponsel terebut di google. Sebab jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.

3. Android Hard Bootloop


Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan. Adapun ciri-cirinya adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di utak-atik lagi alias macet total.
Untuk mengatasi bootloop yang satu ini harus menggunakan Laptop atau PC. Karena kasus kerusakan yang ini tergolong cukup parah. Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instali dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.


Nah diatas merupakan cara memperbaiki hp yang bootloop. Jadi untuk kalian yang mengalami bootloop pada smartphone kalian, lebih baik kalian mencoba untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Oke semoga bermanfaat dan terima kasih... 


0 comments:

Post a Comment

>> AREA KOMENTAR POSITIF <<
Tulis dong komentar positifmu mengenai Artikel di atas :).